Selasa, 01 Januari 2008

Apa Alasan Kamu Mau Jadi Pengusaha?

Kalo ada yang nanya ‘Kenapa kamu mau jadi pengusaha?’ kamu akan jawab apa?

Ada banyak alasan seseorang ingin jadi pengusaha. Ada yang ingin kaya. Karena dia bilang kalo jadi pengusaha itu kaya. Tergantung jadi pengusaha apa dulu. Warung roko juga kalo punya sendiri kan pengusaha. Tapi kalo situasinya begitu-begitu aja, ya gak bakalan kaya.

Ada yang ingin punya waktu bebas banyak. Kalo kerja waktunya diatur sama kantor. Ini juga tergantung. Ada yang pengusaha gak bisa delegasikan pekerjaannya ke orang lain / karyawannya, sehingga semua harus dia kerjakan sendiri. Bagaimana dia punya waktu luang (waktu bebas) yang banyak.

Ada yang karena gak mau jadi karyawan. Saya gak suka diperintah /diatur. Ya… tapi jangan marah kalo nanti jadi pengusaha, ternyata ada konsumen yang suka ngatur kita. Konsumen itu kan macem-macem maunya. Ada yang normal dan ada yang abnormal.

Jadi kalo kamu apa? Coba pikir baik-baik. Apakah penting untuk kaya, apakah penting untuk punya waktu luang, apakah penting gak jadi karyawan. Kalo kaya, gak jelas atau gak tahu uangnya untuk apa jadi apa manfaatnya. Kalo punya waktu luang tapi gak ada orang untuk berbagi, juga ngapain. Apa betul jadi pengusaha itu lebih enak dari pada jadi karyawan. Coba pikirkan lagi.

Lalu apa donk alasan jadi pengusaha? Coba anda pikirkan lagi. Ada banyak alasan. Alasan saya ingin jadi pengusaha salah satunya memang yang 3 di atas. Tapi itu bukan yang utama. Yang utama adalah karena keluarga saya. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga saya. Materi yang terbaik. Jasmani yang terbaik. Pendidikan yang terbaik. Ternyata semua itu perlu uang yang banyak. Waktu, kalo jadi karyawan waktu saya sudah jelas. Saya gak bisa anter anak saya ke sekolah, jemput pulang sekolah kemungkinan besar gak bisa. Memang jadi pengusaha juga gak jamin punya waktu banyak, tapi saya mau jadi pengusaha yang punya waktu luang banyak.

Terus apa sich pentingnya alasan jadi pengusaha? Penting banget. Kalo alasannya gak terlalu penting dan terlalu kuat, baru ada cobaan dikit kita udah nyerah. Kalo kata TDW (Tung Desem Waringin) coba bayangin apa yang aka terjadi pada diri kita, pada keluarga kita kalau kita jadi pengusaha yang berhasil. Rumah, mobil, asuransi, sehat, ibadah (mis: naik haji), sekolah, waktu bersama, liburan. Lihat situasi dunia dan Indonesia. Seperti apa kalo kamu jadi pengusaha yang berhasil. Kamu bisa tolong orang lain yang membutuhkan. Sekarang bencana ada dimana-mana, kamu bisa bantu mereka yang kena musibah.

Sebaliknya, kalo kamu gak jadi pengusaha Cuma karyawan biasa kaya sekarang. Coba lihat jabatan paling tinggi apa yang bisa kamu dapetin. Perlu berapa lama kamu dapet posisi itu. Kalo gak berhasil gimana. Gajinya cukup gak buat mana, beli rumah, beli mobil, bayar sekolah. Kalo sakit gimana? Diganti kantor. Kalo parah, kalo harus dibawa keluar negeri biar sembuh. Coba pikir dengan objektif. Dengan kondisi Indonesia ke depan kalo kamu cuma jadi karyawan gimana masa depan anak dan istri kamu.

Jadi kenapa kamu mau jadi pengusaha? Apakah jadi pengusaha itu penting buat kamu? Kalo kamu sudah yakin, kamu boleh lanjutin untuk mulai mendirikan usaha.

0 komentar: