Kamis, 03 Januari 2008

Saya ingin punya usaha sendiri, dari mana saya harus mulai?

Ini adalah pertanyaan yang banyak diajukan orang ketika dia bilang ‘Saya mau usaha sendiri’. Begitu pula dengan saya sendiri. Saya menyatakan pada diri saya sendiri kalo saya tidak mau jadi karyawan pada tahun 1998 (saat itu saya kelas 2 SMA). Tapi usaha pertama saya baru mulai pada tahun 2003. Cukup soal saya.
Jadi apa yang harus kamu lakukan pertama kali?

  1. Jawab pertanyaan ini? Apa alasan kamu ingin punya usaha sendiri? Tiap orang mempunyai alasan sendiri-sendiri. Dan alasan itu sangat menentukan nilai dari usaha kamu. Seperti saya, alasan saya adalah keluarga. Ada yang punya alasan karena dia melihat orang lain, kayanya enak jadi pengusaha, banyak uang, banyak waktu, dikenal orang. Jadi apa alasan Kamu jadi pengusaha?
  2. Jawab pertanyaan ini? Seberapa kuat kamu ingin jadi pengusaha? Ini masih berhubungan dengan pertanyaan sebelumnya. Kalo alasan Kamu karena jadi pengusaha enak maka kamu harus baca dulu postingan saya mengenai hal ini. Kalo hanya enak yang kamu siapkan, begitu gak enak dikit nanti kamu sudah mundur.
  3. Tentukan jenis usaha yang kamu mau. Yang paling sederhana adalah kamu mau jasa atau produk. Kalo produk apakah kamu ingin memproduksi sendiri atau tidak, kalo tidak berarti kamu ingin menjadi pedagang.
  4. Tentukan usaha apa yang kamu mau. Misalnya jualan voucher hp, jualan pakaian muslim, dan lain-lain.
  5. Setelah tahu usaha apa yang kamu mau, maka mulailah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Kamu bisa
    mendapatkannya dari sini, dari milist, ikut seminar, ikut komunitas/perkumpulan, dari search engine, dari buku dan majalah, atau kamu bertanya langsung pada orang yang sudah mencoba usaha tersebut.
  6. Setelah kamu tahu semua mengenai usaha tersebut, yang perlu kamu lakukan, dan ini yang paling penting, MEMULAINYA dengan segera. Tidak ada gunanya semua langkah di atas bila kamu tetap tidak memulainya. ACTION, NOW OR NEVER.

Hanya itu? Kok kelihatannya gampang banget? Iya, gampang atau tidak itu tergantung kamu melihat kamu melihat dan menghadapinya. Kok gak disinggung soal modal? Emang bisnis gak perlu modal ya? Tergantung point 5, apa yang kamu dapet dari situ. Misalnya kamu mau jual gorengan. Kamu harus punya apa? Ya kamu tinggal hitung perlu modal berapa untuk belinya. Kalo gak punya modal gimana? Itu gak dibahas di sini. Tapi apapun masalahnya pasti ada jalan keluarnya.

Selamat mencoba. Jangan lupa kabarin saya gimana hasilnya. Apalagi kalo sukses.



0 komentar: