Kamis, 03 Januari 2008

Waspada : Harga Miring Menawan Hati

Siapa sich yang gak tertarik kalo ada tawaran miring? Alias harga diskon. Sistem ini kalo dipraktekin di retail kayanya masih cukup sukses. Asal konsumen gak ngerasa ini kaya event reguler aja. Lihat saja di supermarket, kalo ada diskon yang belanja pada ngantri banget.

Nah, kalo dapet tawaran untuk tempat dikasih diskon tapi bayar dimuka beberapa tahun gimana? Misal sewa counter hp perbulan 1juta, tapi kalo pertahun 8 juta gimana? Selisihnya kan 4 juta setahun, lumayan lho. Atau sewa ruko 25 juta setahun, atau 3 tahun, tapi setahunnya 22 juta. Ini juga yang pernah saya alamin.

Saya pilih yang 3 tahun. Karena saya yakin saya bisa tahan 3 tahun dan kalo pertahun nanti tiap tahun naek lagi. Ternyata setelah setahun tanpa inovasi usaha saya bukannya berkembang malah menurun. Ketika saya mau inovasi, modal untuk inovasi terbatas. Akhirnya jalan ditempat. Menjelang tahun kedua, terpaksa gulung tikar.

Ini pelajaran berharga. Jangan terlalu tergoda dengan low price. Walaupun nilainya sepertinya murah. Kalo bayar mahal dikit asal nutup kan gak apa-apa. Uang sisa modal bisa untuk inovasi. Karena sekarang gak mungkin bisnis tanpa inovasi. Semua cepat berubah sich

Blogged with Flock

0 komentar: