Selasa, 01 Januari 2008

Usaha Pertama Saya – Dagang Roti Keliling

Sebenarnya saya sendiri kurang jelas ini usaha saya atau istri saya. Tapi yang pasti kami menjalaninya bersama-sama.

Saya memang dalam memilih langkah atau suatu usaha gak terlalu banyak milih. Kalo menurut saya produknya bagus, saya suka. Pasti saya jalanin.

Ada yang tahu Roti Bagelen Merbabu dari Bandung. Ini buatan rumah lho. Artinya pabriknya itu di rumah. Yang buat yang punya rumah. Yang jual yang punya rumah. Rumahnya di gang selebar 1 mobil. Gak ada spanduk atau tulisan apa-apa. Tapi saya sendiri gak tahu gimana kok produknya bisa segini hebat. Dia gak punya toko diluar. Tapi di daerah wisata atau di toko oleh-oleh Bandung roti ini biasanya ada. Rasanya enak, variasi itu yang beda dari yang lain. Dan kemasannya itu yang luar biasa. Buat roti bagelen, biasanya kan Cuma dibungkus plastik kaya roti biasa. Tapi yang ini kemasannya cantik banget.

Singkat cerita, saya jatuh cinta sama roti ini. Saya orang Bandung yang sekarang tinggal di Jakarta. Jadi saya memang sering ke Bandung. Setiap ke Bandung saya selalu beli roti ini. Ngobrol-ngobrol, saya tanya kalo saya mau beli banyak diskon gak. Kebuka deh. Jadi dia emang jual buat dijual lagi kebanyakan. Karena emang dia gak punya toko kecuali rumahnya itu. Dan bergabunglah saya sebagai reseller Roti Bagelen Merbabu.

Awalnya belum kepikir mau jual roti ini gimana. Wong saya masih jadi karyawan. Dan kayanya kemahalan kalo saya bayar orang buat jual roti ini. Apalagi kalo yang jual gak tahu keunggulan produk ini. Paling gak kaya saya yang memang suka banget sama roti bagelen ini.

Yang pertama, saya bawa ke kantor. Saya pajang aja di meja. Benerkan ada yang nanya. Saya jual cuma lebih mahal 2000 rupiah dari yang di Bandung. Saya ambil margin 3000 an kalo gak salah.

Yang kedua, istri saya nenteng roti itu ke sekolah deket rumah. Kalo hari Sabtu sama saya. Hari minggu kita jalan muter-muter di tempat olah raga deket rumah. Kita tawar-tawarin sambil bawa tester. Jadi mereka yang belum pernah bisa nyoba.

Yang luar biasa. Saya jual di depan Tip Top Rawamangun. Lumayan laku banyak lho. Ada 2 ibu-ibu yang ngerubutin, kebetulan tu ibu tahu roti ini. Jadi yang lewat merhatiin. Akhirnya yang lewat nanya. Dan terus beli deh. Ini betul-betul pengalaman yang luar biasa.

Selain itu kami pun bagikan selebaran-selebaran setiap jualan. Tapi sayangnya semua ini cuma berjalan beberapa bulan. Istri saya hamil. Dan terpaksa kami harus stop.

Yang mengejutkan apa? Beberapa bulan kemudian, setelah kami stop berjualan. Ada 2 kali telepon yang mau pesen roti ini. Dan satu jumlahnya lumayan banyak karena buat oleh-oleh ke Medan katanya. Rupanya ini benih yang kami tanam. Baru bisa kami petik setelah beberapa bulan lamanya. Tapi pasti akan lebih cepat kalo kami pupuk.

Ada yang mau coba peluang yang kami lepas ini?

0 komentar: